Senin, 28 Desember 2009

2. Menangkap Peluang Usaha + 100 Jenis Proposal Usaha











Termasuk 100Daftar Jenis Usaha
(100 Proposal Business Plan)

Proposal Business Plan adalah Hasil analisa rencana pembangunan usaha, sebelum aplikasi di lapangan

Manfaat Proposal:
1. Memprediksi rencana usaha untung / rugi (layak / tidak Layuak)
2. Proposal Pengajuan Kredit ke Bank atau Investor lainnya / Partner bisnis

100 Daftar Jenis Usaha:

No = Nama Usaha

I. Industri dan Makanan
1. Catering
Box
2. Food Court

3. Hotel Kelas Melati
4. Kontrakan dan Koskosan
5. Mie dan Pangsit Ayam
6. Mie-Bakso Sapi, Ikan, Udang, Cumi, dan Kepiting
7. Nasi Goreng
8. Pecel Sayur + Ayam + Telor
9. Penerbit Buku
10. Percetakan Kecil
11. Plastik Daur Ulang
12. Restoran dan Café
13. Restoran Ayam Goreng
14. Sablon
15. Taylor – Penjahit
16. Usaha Roti dan Kue

II. Jasa dan Rental

17. Air Isi Ulang
18. Foto Box
19. Jasa Antar Jemput Karyawan
20. Penitipan Motor
21. Pijat Refleksi
22. Potong Rambut Pria
23. Refil Tinta
24. Rental Mobil
25. Ticket dan Travel
26. Usaha Parfum Isi Ulang
27. Virtual Office

III. Distributor

28. Agen Barang Kebutuhan Pokok
29. Distributor Accessories Motor
30. Distributor Elektrikal
31. Distributor Snack – Cemilan

IV. Perdagangan
32. Jual Beli Motor Second
33. Kios HP di Mal
34. Kios HP di Perumahan
35. Show Room Mobil Second
36. Toko AC, Kulkas, Dispenser
37. Toko
ATK dan Photo Copy
38. Toko Audio dan Accessories Mobil
39. Toko Baju
40. Toko Baju Anak-anak
41. Toko Bangunan
42. Toko Batu Alam
43. Toko Buku
44. Toko CD dan DVD Komputer
45. Toko Elektrikal
46. Toko Kertas
47. Toko Komputer
48. Toko Keramik, Granit, Marmer
49. Toko Mainan Anak-anak
50. Toko Meubel
51. Toko Obat
52. Toko Optik
53. Toko Pancing
54. Toko Perlengkapan Olah Raga
55. Toko Sepatu dan Sandal
56. Toko Sepeda
57. Toko Spare Parts Mobil X
58. Toko TV, Audio, dan Video
59. Warung Sembako

V. Transportasi
60. Angkutan Kota
61. Expedisi (Pengembangan)
62. Penyewaan Truck
63. Travel Exclusif

VI. Bidang Intelektual
64. Desain Grafis
65. Event Organizer (EO)
66. Kontraktor dan Desain Interior-Exterior
67. Kontraktor Mekanikal-Elektrikal (ME)
68. Kontraktor Sipil (Bangunan)
69. Kursus Bahasa Inggris
70. Kursus Bahasa Inggris (Pengembangan)
71. Kursus Komputer
72. Kursus Pelajaran (Pengembangan)
73. Kursus Pelajaran SD
74. Notaris
75. Play Group
76. Praktek Dokter Anak
77. Prektek Dokter Gigi
78. Praktek Dokter Umum
79. Program Komputer
80. Sekolah Taman Kanak-kanak (TK)
81. Sekolah Dasar (SD)
82. Sekolah Menengah Pertama (SMP)
83. Sekolah Menengah Umum (
SMU)

VII. Pemeliharaan dan Perbaikan
84. Bengkel Las Listrik
85. Bengkel Mobil
86. Bengkel Motor
87. Bengkel Spooring, Balance, dan Ban Mobil
88. Service AC, Kulkas, Dispenser
89. Service Dinamo
90. Service Printer
91. Service Komputer

VIII. Cleaning dan Service
92. Laundry dan Dry Cleaning
93. Pencucian Motor

IX. Kredit Uang
94. Kredit Uang Tunai Bagi Pedagang

X. Hiburan dan Kesehatan
95. Kebugaran (Fitness)
96. Rental Play Station
97. Rental Warnet Dan Game
98. Tempat Pemancingan

XI. Perumahan dan Kavlingan
99. Kavlingan Tanah
100. Rumah Toko (Ruko)

Sepatah Kata

Setelah anda termotivasi (berkeinginan) untuk berwirausaha, jangan terburu-buru terjun kelapangan. Cari dulu `Solution-nya (How to-nya). Sama halnya orang yang termotivasi untuk berpetualang, tanpa memahami peta dan medan yang akan dilalui dapat anda bayangkan apa yang akan terjadi?

Kenyataan dilapangan banyak orang terburu-buru, karena mereka merasa punya produk canggih, strategi hebat, punya modal, berani atau nekat yang akhirnya mendapatkan kegagalan, trauma dan depresi.

Kebanyakan dari mereka salah mengartikan peluang usaha. Menurut para konsultan, bahwa tersedianya peluang usaha, jika ada permintaan (pembeli) dengan mempertimbangkan pesaing yang ada dan yang akan masuk.

Untuk menangkap peluang usaha ada 4 konsep yang harus dipahami, yaitu: Pendekatan Eksport dan Impor, Rasio Rantai, Bagi-bagi Kue, dan Gabungan 2 atau 3 konsep tersebut. Sebenarnya konsep-konsep ini sangat mudah, Jika anda anggap mudah. Tapi jika anda anggap sulit, maka konsep tersebut akan sulit anda pahami. Coba anda fokus sedikit saja pada contoh konsep Rasio Rantai dibawah ini:

Contoh:

Suatu komplek mempunyai 2000 kepala keluarga (KK), pendapatan setiap KK rata-rata Rp 2.000.000 perbulan. Berapa besar peluang usaha untuk bangun usaha Mini Market disana?

Jawab:

Perhatikan perhitungan dibawah ini:

1. Total pendapatan penduduk komplek:

2000 KK x Rp 2.000.000 = Rp 4.000.000.000

2. Belanja untuk komsumsi (asumsi 70%):

70% x Rp 4.000.000.000 = Rp 2.800.000.000

3. Belanja ke Mini Market (asumsi 20%):

20% x Rp 2.800.000.000 = Rp 560.000.000

Inilah!.. besarnya peluang omset usaha Mini Market tersebut.

Selanjutnya baru anda mempertimbangkan pesaing, kemudian terapkan strategi pemasaran untuk mendapatkan bagian pasar yang lebih besar.. Mudah… kan?

Pada kenyataannnya jarang sekali para konsultan mengadakan analisa atas pembangunan dan pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Alasannya tidak ada uangnya atau tidak ada yang membiayainya.

Pada kesempatan ini penulis coba menjabarkannya. Sebenarnya analisa memulai usaha untuk usaha kecil dan besar adalah sama, bedanya pada usaha besar parameter sangat banyak dan jangkauan lebih luas.

Buku ini dirancang atas dasar pengalaman penulis sebagai konsultan dan juga pengamatan dilapangan pada usaha-usaha UMKM. Disamping itu buku ini menampilkan berbagai studi kasus cara menangkap peluang usaha dari berbagai jenis usaha.

CD Inside berisi 100 peluang jenis usaha dan program financial modeling yang merupakan bagian dari buku ini, bertujuan untuk:

· Mempermudah untuk membuat proposal Studi Kelayakan Bisnis (Ganti Nama, Nilai, dan Modifikasi Kalimat), sekaligus cara Menangkap Peluang Usaha dan sebagai cara atau hasil analisa rencanan usaha layak atau tidak layak.

· Menekan biaya cetak (harga buku), jika dicetak akan menjadi + 2000 halaman buku ini.

Pada buku ini kami hanya mencetak beberapa jenis proposal usaha (33 dari 100 jenis usaha) dan hanya bagian inspirasi awal, yaitu: bagian introdiksi dan peluang pasar saja. Sedangkan untuk mengetahui beberapa parameter, seperti:

a. Peralatan-peralatan yang diperlukan

b. Jumlah tenaga kerja / Karyawan yang diperlukan

c. Perkiraan Keuntungan yang diperoleh

d. Rincian Investasi dan modal kerja

e. Jadwal Pengembalian Kredit / Hutang

f. Internal Rate of Return (IRR)
g. Cash flow usaha
h. Besarnya harga pokok
i. dan sebagainya

dapat dilihat dalam CD dengan menggunakan komputer baik pada file Microsoft Excel ataupun Microsoft Word.

Kecuali proposal untuk Membangun Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) yang dicetak komplit dan diletakan pada akhir buku ini, sebagai bahan pertimbangan anda

Mudah-mudahan dengan terbitnya buku "Menangkap Peluang Usaha" ini dapat membantu anda dalam mencari Inspirasi usaha, menangkap peluang usaha, memprediksi keuntungan usaha dan memprediksi resiko yang akan dihadapi, serta menganalisa kelayakan usaha.

Penulis menyadari selesainya buku ini karena Ridho dan Izin Allah SWT, maka dengan ini penulis mengucapkan Puji dan Syukur kehadirat-Nya.

Demikianlah, mudah-mudahan karya kecil dan sederhana ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua.

Salam

Penulis

DAFTAR ISI BUKU

Sepatah Kata

I. POSISI DAN MANFAAT BUKU
1. Pendahuluan

2. Posisi dan Manfaat Buku

A. Motivasi

B. Analisa Pembangunan Usaha (Solution)

C. Pendanaan & Masa Pembangunan

D. Operasional Komersial

BAGIAN PERTAMA
WAWASAN GLOBAL DUNIA USAHA

II. WAWASAN USAHA DAN DATA
1. Perbedaan Wiraswasta, Wirausaha, dan Intrapreneur

2. Pengertian Usaha dan Peluang Usaha

3. Hambatan Membangun dan Mengembangkan Usaha

4. Pengalaman dan Perubahan

5. Data dan Peluang Usaha

6. Menangkap Peluang Usaha

7. Membangun Usaha Tanpa Dana

8. Konsep Percepatan

Studi Kasus "Ponco Sampurno dan Tantowi Yahya

III. MEMBANGUN POLA PIKIR WIRAUSAHA
1. Action Segera? Bahaya..!

Studi
Kasus, Suksesnya Action "Bakmi Raos

2. Aim, Visi, Misi, dan Objective

3. Wawasan Dunia Usaha

4. Posisi Memulai dan Pengembangan Usaha

5. Membangun Usaha

A. Membangun Sendiri
B. Kerja Sama (Joint Venture)

C. Membeli Usaha Yang Sudah Berjalan (Take over,
Acqusition)
D. Membeli Sistim Bisnis Yang Sudah Ada

6. Mengembangkan Usaha

C. Menjual Bisnis (Franchise)

7. Membentuk Pola Pikir Pengembangan Usaha

BAGIAN KEDUA
TEKNIK MEMBANGUN USAHA

Pendahuluan

IV. TEKNIK MEMULAI USAHA
1. Pendahuluan

2. Mengenal Produk

3. Sumber Pengetahuan Memulai Usaha

4. Kreatif dan Inovatif Dengan Konsep BSD

5. Mendapatkan Gagasan Lain

V MENCARI PELUANG USAHA
1. Analisa Produk - Segmentasi

2. Analisa Permintaan

3. Analisa Penawaran (Pesaing)

4. Analisa Peluang Pasar

5. Strategi Pemasaran

VI. ALTERNATIF LOKASI & TEMPAT
1. Lokasi

2. Perencanaan Lokasi

A. Pemilihan Lokasi

B. Lokasi Usaha Perdagangan

3. Evaluasi Lokasi

VII. PROYEKSI KEUANGAN
1. Investasi

A. Investasi Tetap

B. Investasi Modal Kerja

2. Penyusutan (Depresiasi)

3. Analisa Investasi

A. Non-Discount Cash Flow
B. Discount Cash Flow Dengan Metode IRR

4. Analisa Rasio Keuangan

A. Penilaian Likuiditas (Current Ratio
B. Penilaian Profitabilitas

a
ROI

b
ROE

VIII. STUDI KELAYAKAN BISNIS
1. Format Proposal Studi Kelayakan Bisnis

2.Menangkap
Peluang Usaha di setiap contoh proposal
3. Membuat Proposal Studi Kelayakan Bisnis

4. Inspirasi dan 100 Jenis Usaha, serta Contoh Proposal Studi Kelayakan Bisnis (SKB)

5. Contoh Proposal "Sekolah Taman Kanak-kanak (TK)"

A. Formulir

B. Lampiran Proyeksi Keuangan


1 komentar:

  1. Luar biasa, banyak sekali yg di bahas di buku ini. Sepertinya buku ini layak untuk di rekomendasikan.

    wirausaha sukses

    BalasHapus